REBECCA, BALERINA INDONESIA PERTAMA MENANGI YAGP

REBECCA, BALERINA INDONESIA PERTAMA MENANGI YAGP

Balerina merupakan seni yang terbilang cukup mahal bagi masyarakat Indonesia. Di Indonesia, apabila seorang anak bisa ikut serta dalam kursus balet, tentunya anak tersebut terbilang cukup mampu. Namun, berlatarbelakang dari keluarga kelas menengah tak membuat Rebecca Alexandria Hadibroto, dua belas tahun, berputus asa. Dirinya dapat membuktikan, dibalik keterbatasan ekonomi keluarganya, ia bisa meraih mimpinya.

Benar saja, Rebecca menjadi satu-satunya dan balerina pertama yang diundang dalam YAGP (Young America Grand Prix) Final, April lalu di New York. Ia bahkan merain peringkat pertama dalam katagori Pre Competitive.
Hal ini membuat Rebecca menjadi balerina Indonesia pertama yang memenangi ajang bergengsi tersebut. “Rebecca adalah anak yang sederhana dan rendah hati. Ketika anak-anak lain punya smartphone, ia tidak. Bahkan ada suatu ketika ia datang berlatih hanya membawa bekal dua kentang kukus, dan ketika ditanya apakah kenyang, ia menjawab kenyang,” ujar pelatih Rebecca, Claresta Alim.

Rebecca memang terhitung anak yang sederhana dan tak mau merepotkan orang tua. Ia mengaku tidak pernah meminta orang tuanya untuk membiayainya kursus balet. Bahkan untuk sepatu balet pun ia dapatkan dari sponsor. Selama bertanding, Rebecca juga hanya ditemani oleh pelatihnya, karena biaya pesawat untuk mengikuti kompetisi sangatlah mahal.

“Orang tua saya berkata, jiakalau kamu mempunyai mimpi, maka kejarlah”, ungkap gadis manis itu. Semangat dari orang tua disertai kerja keras dan doa mengantarkan Rebecca meraih banyak penghargaan dan medali dari berbagai kejuaraan yang diikutinya. “Tahun kemarin adalah saat pertama Rebecca mengikuti kompetisi Internasional pada Asian Grand Prix di Hongkong, dimana ia meraih mendali emas,” tutur Clarista. Selanjutnya, Rebecca menguikuti Malaysia International Grand Prix, dan meraih medali emas juga.

Keberhasilannya ini membuat seorang Fotografer New York, Jordan Matter, tertarik membuat sebuah mini-dokumenter mengenai keberhasilan Rebecca di channel Youtube nya. Menurut pelatih Rebecca, semua keberhasilan Rebecca ini jadi mungkin berkat kerja keras, disiplin, dan berpikir positif.

Temukan kami di

Kontak Kami

Email. beliuntukberbagi@gmail.com

JOIN PARTNERS

Anda merupakan salah satu komunitas sosial/lembaga sosial atau pemilik produk yang memiliki nilai jual? Join yuk bersama kami, berjuang dalam menumbuhkan pendidikan bagi anak putus sekolah, anak jalanan, komunitas marginal, dan pendidikan non formal lainnya.

Beli Untuk Berbagi 2018